Rabu, 29 Oktober 2014

Profil Pendidikan Ekonomi



            Universitas Jember merupakan salah satu universitas yang ada di Indonesia. Universitas ini terletak di Jalan Kalimantan No. 37, Kampus Tegalboto, Jember, Jawa Timur 68121, Indonesia, sebuah kota berhawa tropis di bagian tenggara Provinsi Jawa Timur. Kampus UNEJ berada di kawasan hijau yang ramah lingkungan sehingga memberikan ketenangan dalam melaksanakan kegiatan akademik. Kota Jember sendiri berada di antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Lumajang yang dikelilingi perkebunan yang sebagian besar ditanami tembakau, kopi, coklat dan tebu.
Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu program studi dari kesepuluh program studi lainnya yang ada dilingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas Jember. Gedung FKIP Universitas Jember ini ada tiga dan memang dari dulu Program studi Pendidikan Ekonomi terletak di Gedung 1, yang beralamatkan di Jl. Kalimantan, Jember, Jawa Timur, Indonesia. Program Studi Pendidikan Ekonomi ini sudah berumur 33 tahun karena berdiri sejak tanggal 16 April 1981. Program studi Pendidikan Ekonomi ini banyak diminati oleh para pelajar angkatan 2014 setelah Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Dari tahun sebelumnya hingga tahun 2014 program studi Pendidikan Ekonomi dinyatakan terakreditasi B. Hal ini memotivasi para mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Uneversitas Jember untuk berjuang dalam meraih akreditas A. Dan usaha itu terus dilakukan melalui upaya kerjasama para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas akademik dan non akademik dalam mencapai tujuan tersebut. Dan usaha ini sudah terbukti pada tahun 2014 ini Program Studi Pendidikan Ekonomi dinyatakan program studi terbaik se-Universitas Jember.
Hal ini membuktikan bahwa Prodi Pendidikan Ekomoni mempunyai dedikasi tinggi untuk maju dan usaha-usaha yang dilakukan tidaklah sia-sia. Dengan menyetujui hampir semua program yang dibuat oleh rektor. Serta karena keaktifan dan kekompakan antara mahasiswa dan para dosen dalam membuat suatu program yang berskala cukup besar dan suatu penelitian yang membutuhkan dana yang cukup besar. Dan saat ini Pak Sukidin selaku Ketua Prodi (KPRODI) Pendidikan Ekonomi, sedang berjuang untuk melakukan presentasi tentang program studi Pendidikan Ekonomi di tingkat Nasional. Dengan harapan Program studi Ekonomi bisa lebih baik lagi dan bisa menyandang akreditasi A. Jika usaha ini tercapai, Prodi Pendidikan Ekonomi akan menjadi salah satu prodi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang menyandang akreditasi A.
  Selama saya menjadi mahasiswa di Universitas Jember, yang saya ketahui tentang program studi Pendidikan Ekonomi ini bertujuan menghasilkan tenaga pendidik di bidang ekonomi untuk Sekolah Menengah pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) serta dosen di universitas. Tujuan lainnya adalah menyiapkan lulusan untuk dapat menguasai IImu Ekonomi, manajemen, kewirausahaan, perkoperasian, akumansi, dan praktik komputer yang memungkinkan lulusannya bekerja di dunia usaha maupun pemerintah. Berdasarkan informasi yang saya dapat, mereka mampu bersaing dengan lulusan-Iulusan fakultas non-keguruan baik Perguruan Tinggi Swasta maupun Perguruan Tinggi Negeri lainnya. Pendidikan ekonomi pada dasarnya merupakan suatu bidang pembelajaran tentang bagaimana menyiapkan individu manusia sebagai pelaku ekonomi yang memiliki wawasan dan sikap ekonomi, sesuai tuntutan perkembangan jamannya. Dengan demikian, lulusan program ini diharapkan tidak hanya dapat menjadi seorang pendidik ekonomi di berbagai jenjang pendidikan, tetapi juga di berbagai lembaga yang bertugas mengelola, meneliti, serta mengembangkan pendidikan ekonomi. Saya selaku mahasiswa pendidikan ekonomi ingin menjadi wisudawan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang masih kebingungan dalam mencari kerja bahkan mereka dengan pasrah menyandang status “pengangguran”. Mungkin saat ini sebagian besr dari masyarkat telah mengetahui berita yang saat ini hangat dibicarakan. Yaitu tentang pasar bebas Asia Tenggara yang akan terlaksana pada akhir tahun 2015 mendatang. Meskipun program itu dalam wacana dapat menghasilkan lapangan pekerjaan yang baru untuk sekitar 600 juta orang di Asia Tenggara, namun saya ingin menciptakan lapangan pekerjaan yang baru atas dasar kemampuan saya sendiri.
       Program perkuliahan yang ada di Uneversitas Jember prodi pendidikan Ekonomi dilaksanakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Saya masih Mahasiswa baru di prodi Pendidikan Ekonomi, jadi saya masih menempuh semester satu sebanyak 22 SKS. Mahasiswa dapat lulus dari Program Studi Pendidikan Ekonomi jika telah menempuh 146 SKS. Indeks prestasi semester dan kumulatif dihitung berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan Universitas Jember yaitu minimal dengan IP 3,0 keatas jika ingin memperoleh sks 24.
       Saya sangat senang menjadi keluarga dari Pendidikan Ekonomi karena disini saya mengetahui banyak hal. Mulai dari PK2 MABA hingga sekarang akn melakukan PDMO saya merasa pendidikan ekonomi ini salah satu prodi yang aktif dalam melalukan sebuah kegiatan. Kegiatan-kegian yang kami lakukan juga sangat positif seperti di pendidikn ekonomi ini terdapat Jurnal yang biasa disebut Jurnal PE. Nah, dijurnal ini kita bisa menerbitkan buletin-buletin jum’at tentang ekonomi dan yang lainnya. Pengalaman yang saya peroleh selama disini tentu sangat banyak. Saya merasa sebagai orang yang beruntung karena dari sekian peminat yang ingin masuk saya salah satu orang yang bisa masuk di prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Jember. Meskipun bukan jalur undangan tapi saya senang karena saya masih dapat diberi kesempatan untuk menimba ilmu yang lebih dalam lagu khususnya tentang Ekonomi. Karena disini saya mempunyai cita-cita menjadi seorang Guru dan saya memilih menjadi guru ekonomi. Alasannya adalah saya Ingin memperbaiki dan memajukan Perekonomian Indonesia yang semakin lemah. Saya berharap dengan saya menjadi guru nanti saya bisa memberikan pengarahan yang positif dan memotivasi siswa saya untuk lebih berusaha lagi dalam mengurus segala hal yang berhubungan dengan ekonomi. Karena saya ingin semua anak Indonesia  itu cerdas supaya nantinya mereka berhasil di masa depan sehingga terhindar dari pengangguran. Dan seperti yang kita ketahui saat ini pengangguran diIndonesia semakin membludak sehingga kemiskinanpun terjadi dimana-mana, untuk itu saya ingin memberantas masalah perekonomian yang ada di Indonesia.
Oleh karenanya Saya berharap dengan menjadi guru ekonomi saya bisa merubah perekonomian Indonesia dengan cara mencerdaskan bibit-bibit baru anak Indonesia, sehingga mereka mampu berpikir panjang dan lebih memperhatikan dan ikut memajukan perekonomian negara mereka.
Prodi Pendidikan Ekonomi mempunyai visi dan misi. Visinya yaitu Menjadi pusat pengembangan dan pembelajaran ekonomi dan penguatan materi ilmu ekonomi yang berkualitas berwawasan lingkungan, dan berkemampuan mengembangkan IPTEK serta meningkatkan IMTAQ. MISI
1.        Mengembangkan pendidikan dan pengajaran,penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan pembelajaran ekonomi dan penguatan materi ilmu ekonomi
2.        Meningkatkan kualitas pembelajaran ilmu ekonomi sesuai paradigma baru pendidikan atau empat pilar pendidikan: (learn to know, learn to do, learn to be, and learn to live together)
3.        Menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan lembaga internal di linkungan UNEJ dan lembaga eksternal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar